Cara Cetak Stiker Dengan Kertas Vinil

Cetak stiker menggunakan kertas vinil sangatlah mudah dan hanya butuh beberapa alat sederhana. Diantara persiapan yang harus kamu lakukan adalah membuat desainnya baru kemudian bisa kamu cetak pada kertas vinil yang sudah kamu sediakan.

Kertas vinil pada dasarnya saat awet apabila kamu gunakan untuk mencetak stiker untuk kebutuhan outdoor. Sifat dari kertas ini diantaranya fleksibel, lentur dan tahan lama. Kamu bisa menggunakan printer jenis apapun yaa untuk cetak stikernya, hanya saja ada baiknya gunakan tinta yang tahan terhadap air agar hasilnya lebih berkualitas.

Langkah-Langkah Cetak Stiker di Kertas Vinil

Dibawah ini merupakan beberapa langkah yang bisa kamu ikuti saat akan mencetak stiker menggunakan kertas vinil. Ikuti langkah berikut ini agar stiker yang kamu hasilkan lebih berkualitas, apalagi jika itu untuk tujuan branding sebuah produk.

  • Rancang Desain

Pertama yang kamu butuhkan untuk cetak stiker pakai vinil adalah desain, dimana desain stiker yang kamu buat harus sesuai dengan tempat kamu menempelnya nanti. Oleh karena itu kami sarankan untuk melihat contoh-contoh stiker yang menggunakan kertas vinil. Jika kamu ingin cetak stiker untuk laptop kamu, maka sebaiknya cari referensi desainnya, baik itu terkait warna, ukuran, dan sebagainya. Cari referensi desain yang kamu sukai yang bisa kamu tempel di laptop.

Sebagai awalan kamu juga bisa membuatnya di kertas biasa terlebih dahulu, desain ini akan menjadi gambaran dasar sebelum membuatnya secara detail di laptop nantinya. Jika kamu kesulitan memang sebaiknya menggunakan gambar yang sudah ada yang bisa kamu download di internet.

Selanjutnya kamu bisa langsung menerapkan desain tersebut di software Photoshop, Illustrator, GIMP, dan sebagainya untuk membuat sketsa detailnya. Usahakan jika membuat desain yang berwarna sebaiknya pilih warna yang tua serta cerah agar hasil cetaknya lebih bagus. Paling tidak resolusi desainnya 300 piksel untuk 2,5cm.

  • Proses Cetak Stiker

Untuk memulai cetak stiker, kamu bisa mulai dengan membuka dokumen baru ukuran 20 x 28 cm di software yang kamu gunakan. Kemudian tempelkan desain yang sudah kamu buat di dokumen tersebut, kamu bisa mengkopinya sesuai dengan kebutuhan. Tinggal paste beberapa kali saja dan sesuai dengan ukuran marginnya agar tidak terpotong.

Jika sudah lanjut cek print preview, apabila ada stiker yang melewati margin maka kamu bisa membenahinya terlebih dahulu sebelum lanjut mencetaknya. Kamu juga harus memastikan tidak ada penumpukan gambar.

Masukkan kertas vinil yang sudah kamu siapkan ukuran 20 x 28 cm ke printer yang kamu pakai. Nah gunakan kertas vinil yang bening apabila ingin latar belakang dari stiker berwujud transparan.

  • Laminasi dan Pemotongan Stiker

Apabila stiker sudah berhasil kamu cetak lanjutkan ke proses laminasi dan pemotongan. Kamu bisa menggunakan lembar over laminate. Caranya buka lapisan belakang dari over laminate kemudian tata pinggirannya dan tekanlah laminasi di kertas vinil menggunakan jari hingga menempel. Kamu bisa menggunakan penggaris untuk mencegah munculnya gelembung udara di stiker vinil yang kalian cetak.

Untuk proses pemotongan kamu bisa pakai cutter, gunting, alat pemotong lainnya yaa. Pada saat akan menempelkan stiker kamu bisa mengupas sudut bagian belakang dari kertas vinil baru setelah itu bisa kamu tempelkan pada objek yang kamu inginkan.

Itulah tadi proses cetak stiker memakai kertas vinil kamu bisa mencobanya di rumah atau datang k percetakan untuk memperoleh hasil stiker yang lebih bagus. Pastikan desain yang kamu buat resolusinya sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya tampak lebih jelas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.